Daftar Blog Saya

  • - Linoleum : Solusi Baru Penutup Lantai Lantai keramik, terialu umum digunakan. Lantai karpet, susah perawatannya. Parket, mahal. Belum lagi desainnya begi...
    11 tahun yang lalu

Laman

Powered By Blogger

Mengenai Saya

Foto saya
MAJU TERUS PANTANG MUNDUR

Pengikut

Cari Blog Ini

RSS
Powered By Blogger

Trik Menata Cahaya di Dalam Ruangan

CAHAYA di dalam interior rumah Anda bila ditata dengan apik, tentu akan membuat kondisi di dalam rumah Anda terlihat nyaman. Andapun akan betah berlama-lama berada di lingkungan rumah Anda.

Fungsi cahaya di dalam sebuah ruangan memang membuat penghuninya bisa betah berlama-lama berada di dalam rumah.Karena penataan cahaya yang baik dan teratur membuat rumahpun terasa nyaman dan menyenangkan.Cahaya dalam interior berfungsi sebagai penerangan. Namun cahaya juga dapat berfungsi sebagai elemen aksesori untuk menambah nilai lebih sebuah rungan atau objek dengan pengaturan tertentu. Secara umum fungsi cahaya dapat dibagi menjadi tiga. General Lighting adalah penerangan yang ditujukan untuk menerangi keseluruhan ruang. Sifat cahayanya menyebar merata ke seluruh rungan. Task Lighting adalah penerangan yang bersifat menunjang ke aktivitas khusus/tertentu seperti belajar, membaca, menjahit. Decorative Lighting adalah penerangan yang sifatnya membangkitkan efek dramatis pada objek tertentu. Biasanya objek itu adalah elemen interior yang mempunyai kesan khusus, seperti lukisan, gerabah, benda kriya atau elemen estetis lainnya.

Ruang Tidur

Untuk ruang tidur, pengaplikasian cahaya sangat potensial tidak hanya sebagai elemen penerang ruang, tetapi juga menambah kesan psikologis ruang tidur sebagai ruang yang dapat mengakomodasikan kebutuhan pribadi dari penghuninya. Lampu hias merupakan satu faktor yang penting dalam desain kamar tidur. Kenyamanan yang ditawarkan cahaya yang lembut ini pasti akan membuat lebih nyaman dan Anda betah berlama- lama di sana. Adapun cahaya yang berwarna warni lembut bisa menambah kesan futuristik ke kamar tidur. Menggunakan lampu sorot kecil untuk menyoroti furniture seperti pintu lemari atau foto juga akan bisa menambah kesan mewah pada ruangan Anda. Jika Anda sulit mendapatkan lampu dengan efek-efek tertentu, Anda bisa menjatuhkan pada pilihan yang aman yaitu cahaya lampu yang putih. Cahaya ini sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur yang berkonsep minimalis.

Anda bisa menambahkan ornamen cermin pada dinding agar permainan cahaya dapat terpantul dengan manis dan kesan luas akan tercipta. Cermin besar dapat merefleksikan cahaya ke seluruh ruangan.

Selain itu, kehadiran cermin juga merefleksikan cahaya alami atau cahaya buatan untuk membuat ruangan tersebut terlihat lebih terang, baik siang maupun malam. Akan lebih efektif lagi jika cermin diletakan dekat jendela, sehingga view dari luar rungan tertangkap. Pemandangan ini akan terlihat begitu indah saat istirahat siang Anda. Desain seperti ini cocok diaplikasikan pada ruangan yang luasnya cukup terbatas.Yang terpenting, bagaimana Anda memilih beragam jenis lampu untuk interior ruangan Anda. Karena pilihan lampu yang tepat sebagai interior membuat suasana rumah makin nyaman dan gaya. (net/osi)

Menggunakan lampu sorot kecil untuk menyoroti furniture seperti pintu lemari atau foto juga akan bisa menambah kesan mewah pada ruangan Anda. Jika Anda sulit mendapatkan lampu dengan efek-efek tertentu, Anda bisa menjatuhkan pada pilihan yang aman yaitu cahaya lampu yang putih. Cahaya ini sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur yang berkonsep minimalis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar